Tes
English for Nusantara — Kelas IX
Chapter 1
Exploring Fauna of Indonesia
Tujuan pembelajaran (Ringkas)
- Berbicara tentang satwa khas Indonesia.
- Mengidentifikasi informasi spesifik tentang satwa Indonesia.
- Mendeskripsikan ciri dan fitur hewan.
Diringkas dari “Learning objectives — Chapter 1”.
Unit 1
Bekantan
Say What You Know
- Hewan apakah ini (Bekantan)? Apa yang kamu tahu?
- Sebutkan hewan lain yang native Indonesia.
- Di mana mereka umumnya hidup?
Kegiatan pembuka unit.
Word Box
native (khas) wildlife (margasatwa) mangrove arborealListening 1 — Fitur Fisik
Audio 1.1
Unggah audio guru (opsional)
Isilah bagian kosong (bebas) di catatanmu: berat 6–22 kg, tinggi 55–76 cm, nama umum “Proboscis Monkey”.
True/False — Habitat & Perilaku
Klik pilihan untuk setiap pernyataan.
1) Bekantan banyak ditemukan di sisi Indonesia Kalimantan.
2) Maskot Banjarmasin adalah Bekantan.
3) Mangrove adalah hutan hujan yang bertemu gunung.
4) Hewan yang hidup di pohon disebut arboreal.
Skor: 0/4
Pilihan Ganda — Perilaku & Makanan
Kunci benar: A (selaput/“membrane”).
Unit 2
Orangutan & Gorilla
Reading — Ringkasan
- Orangutan: kera besar Indonesia (Sumatra & Kalimantan), rambut coklat kemerahan, tanpa ekor, lengan kuat; makanan utama buah (omnivora ringan).
- Gorilla: kera terbesar, kulit & rambut hitam, bahu lebar, “silverback” pemimpin kelompok; herbivor (daun, tunas).
Ringkasan deskriptif untuk tugas membaca & diskusi kosakata.
Language Focus — “Have/Has” & Possessive
Have/Has: “A gorilla has black fur.” • “Orangutans have long arms.”
Possessive: “Gorilla’s fur is black.” • “Orangutans’ legs are long.”
Kuis Campuran
1) Pilih kalimat yang benar:
2) Lengkapi: _____ fur is black.
Unit 3
Indonesian Birds
Tempat untuk materi burung Indonesia (deskripsi, passive voice, report text). Tambahkan teks, gambar, dan kuis sesuai kebutuhan.
Catatan Teknis
- Audio: unggah file ke komponen “Audio 1.1/1.3” sesuai kebutuhan kelas.
- Semua skor disimpan di peramban (localStorage) berdasarkan Unit.
- Gunakan tombol Cetak/Unduh untuk PDF.